Pengertian Sabar dan Ikhlas Menurut Islam

Ketika kita dihadapkan pada kenyataan pahit kadangkala harus tahu bagaimana pengertian sabar dan ikhlas menurut islam karena banyak masalah hidup yang membuat kita harus mengerti bagaimana cara melatih kesabaran dalam arti yang sebenarnya, karena makna sabar disini akan sangat berguna kalau hanya digunakan untuk kebaikan dan kadangkala kita tidak akan dapat mengerti apa yang sebenarnya harus dilakukan ketika sedang dalam masalah. Disini kita akan lebih mendalami apa itu definisi ikhlas dalam Islam yang sebenarnya karena dengan demikian akan membantu memberikan penjelasan mengenai apa dan bagaimana yang harus dilakukan ketika kita sedang mendapatkan ujian berat dengan kata lain sedang dalam masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan cara baik maka harus ada solusi untuk keadaan tersebut.

Berapa kali kita kehilangan peluang atau telah membuat kesalahan dengan tidak mengetahui bagaimana untuk menunggu saat yang tepat untuk bertindak atau mengambil keputusan? Sebagai manusia kita sering tidak sabar dan kita menjadi cemas, kecewa kami, kita marah dan bahkan depresi karena situasi yang merugikan timbul rencana dan aspirasi kami dan ini tertunda atau benar-benar gagal.

Hal yang sama berlaku dalam beberapa situasi dalam kehidupan kita bahwa kita putus asa atau khawatir dan menangis kepada Tuhan untuk bantuan dan berharap jawaban Anda adalah segera dan tidak menyadari bahwa Tuhan adalah waktu yang tepat untuk mengirim respon dan yang tujuannya terpenuhi di kami hidup, Dia tidak pernah terlambat.

Tuhan memiliki janji-janji indah dan berkah untuk kita anak-anak mereka, dan Tuhan membimbing kita dan membantu kita melalui Firman dan doa belajar untuk mengetahui kehendak Allah dalam hidup kita, meminta menurut dia dan menunggu cuaca Tuhan sempurna untuk kepatuhan. Dan selama menunggu ini yang karakter kita sedang berubah, memperkuat kehendak kita dan cinta kita meningkat.

Menunggu Tuhan tidak berarti memiliki sikap pasif justru sebaliknya. Tunggu ini selalu dijiwai dengan pikiran positif, iman, persekutuan dengan Allah, membaca dan percaya Firman dan mengakui kehendak-Nya untuk hidup kita.

Jadi kamu yang menjadi tidak malas, tapi pengikut mereka yang melalui iman dan kesabaran mendapat bagian dalam janji-janji. Untuk ketika Allah memberikan janji kepada Abraham, karena ia bisa bersumpah dengan tidak lebih besar, ia bersumpah demi dirinya, mengatakan, Sesungguhnya memberkati Anda dan kalikan Anda. Dan setelah sabar bertahan, ia memperoleh janji.

mengambil napas hati kita, itu berarti bahwa kita tidak harus menyerah pada ketidaksabaran atau kekecewaan ketika kita menderita, tapi kami harus percaya pada rahmat Tuhan terhadap orang-orang yang takut akan Dia dan percaya padanya.

Bagaimana berharap pada Tuhan?

Sabar, dengan iman, beristirahat di dalam Dia, dengan sukacita, pujian dan penyembahan, dalam doa, merenungkan firman-Nya dan melakukan kehendak-Nya.

Untuk telah Anda perlu kesabaran, yang telah melakukan kehendak Allah, kamu mungkin menerima janji

 

Kemudian meminta Tuhan untuk mengajar kita menunggu dengan penuh percaya diri di dalam Dia, kita bisa bersabar dan bijaksana untuk menunggu dan tahu waktu yang tepat untuk pemenuhan janji-Nya, dan bahwa iman kita dapat tumbuh dan menjadi menyenangkan hati-Nya.

tulisan sabar arab

“Betapa banyak nabi yang berperang bersama sejumlah besar pasukannya, mereka tidak mengeluh karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, tidak pula menjadi lemah apalagi mudah menyerah.
dan Allah menyukai orang-orang sabar itu.”
[QS Ali Imran ayat 146]

Kesimpulan:

Sabar itu artinya tidak mengeluh, tidak menjadi lemah dan tidak mudah menyerah.

This entry was posted in Catatan. Bookmark the permalink.